#Post Title #Post Title #Post Title

Fitur Photoshop

Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk [[World Wide Web]]. Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, [[Adobe ImageReady]], untuk keperluan tersebut.

Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan ''authoring'' buatan-Adobe lainnya. File format asli Photoshop, .PSD, dapat diekspor ke dan dari [[Adobe ImageReady]]. [[Adobe Illustrator]], [[Adobe Premiere Pro]], [[Adobe After Effects|After Effects]] dan [[Adobe Encore DVD]] untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar non-''linear'' dan layanan ''special effect'' seperti ''background'', ''tekstur'', dan lain-lain untuk keperluan televisi, film, dan situs web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuat menu dan tombol (''button'') [[DVD]].

Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna:
* [[RGB color model]]
* [[Lab color model]]
* [[CMYK color model]]
* [[Grayscale]]
* [[binary image|Bitmap]]
* [[Duotone]]

Versi terbarunya, yang dirilis pada tahun 2005, adalah versi 9. Program ini dipasarkan dengan nama "Photoshop CS2." "CS" merefleksikan integrasi produk Photoshop dengan aplikasi "[[Adobe Creative Suite|Creative Suite]] buatan Adobe dan disebut "2" karena program ini adalah versi rilis ke-2 sejak Adobe mengintegrasikan kedua produknya. Ada beberapa pada tambahan pada Photoshop CS2 seperti ''multiple layer selecting'' dan "''warp''," versi kurva dari ''transform tool'' dan ''color replacement tool'', yang sebelumnya hadir sebagai ''plug-in'' [[8BF]].

Untuk para penggemar [[fotografi]], Adobe menyediakan filter "''reduce grain''" (mengurangi grain) yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kekurangan cahaya. Untuk "memperjelas" perbedaan produk CS dengan produk-produk Photoshop sebelumnya, Adobe menghilangkan lambang mata Photshop, yang dipresentasikan dalam bentuk yang berbeda-beda sejak versi 3 sampai versi 7. Photshop CS dan CS2 kini menggunakan bulu sebagai ikon dan bentuk identifikasinya.

[[Berkas:Photoshop_CS3.png|thumb|80px|right|Ikon untuk Photoshop CS3 Beta.]]
Versi beta Photoshop CS3 telah dirilis untuk pengguna CS2 pada tanggal 15 Desember 2006. Berbeda dengan Photoshop CS dan CS2 yang menggunakan bulu sebagai logonya, Logo untuk edisi ketiga ini berbentuk [[tipografi]], dengan huruf 'Ps' berwarna putih dan berlatar belakang biru-gradien.

[[Berkas:Pscs2 cameraraw3.jpg|thumb|Camera RAW 3.x|right]]
Versi terakhirnya dilengkapi dengan ''Adobe Camera RAW'', sebuah [[plugin]] yang dikembangkan oleh [[Thomas Knoll]] yang dapat membaca beberapa format file RAW dari [[kamera digital]] dan mengimpornya langsung ke Photoshop. Versi awal RAW plugin ini juga tersedia untuk Photoshop 7.0.1 dengan tambahan biaya $99 USD.

Secara Photoshop adalah sebuah program penyunting gambar standar industri yang ditujukan untuk para profsional [[raster grafik]], harga yang ditawarkan pun cukup tinggi; kira-kira US$600. Keadaan ini memancing beberapa programer untuk merancang peralatan grafik (''graphics tools'') dengan harga yang lebih terjangkau. Untuk menghadapi persaingan ini, dan untuk menghadapi pembajakan produknya, Adobe memperkenalkan [[Photoshop Elements]], sebuah versi lain dari Photoshop yang lebih minimalis, dengan harga terjangkau; di bawah US$100. Produk ini ditujukan untuk pengguna rumahan dan menghilangkan beberapa fitur profesional.

Leave a Reply